Selasa, 16 Juli 2013

MANFAAT LAB. ROBOTICS DAN MULTIMEDIA DALAM DUNIA PENELITIAN

Foto Panitia Seminar bersama Pemateri

Laboratorium Robotics dan Multimedia Universitas Almuslim Peusangan saat ini sedang mulai berbenah, ini ditandai dengan suksesnya mengadakan seminar dengan judul "Penerapan Teknologi Robotics dan Multimedia serta Tinjauan Cyberlaw terhadap Perkembangan Dunia Teknologi Informasi" pada  tgl 2 April 2013. Seminar di kampus yang asri 10 km dari Bireuen ini diisi oleh pemateri yang ahli dibidangnya antara lain; ASSOC. Prof. Dr. Anton Satria Prabuwono dari Universiti Kebangsaan Maysia (UKM) dan Dr. Edy Santoso dari Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung.


      Seminar adalah salah satu cara yang efektif untuk mencari informasi yang luas dan terbaru dengan cara me
nghadirkan para ahli dibidangnya (dalam hal ini : Robotics & Multimedia) untuk menularkan pengalamannya kepada kita semua. Fakultas Ilmu Kompoter (FIKOM) Universitas Almuslim disini memperoleh manfaat yang signifikan dengan bertambahnya minat mahasiswa khususnya terhadap perkembangan dunia robotik. Dapat dilihat setelahnya dengan mulai muncul pelatihan dan pembelajaran untuk mendukung ilmu robotik baik di kabupaten Bireuen maupun di Aceh secara keseluruhan.

       Menurut Mathis (2002), pelatihan ataupun seminar adalah suatu proses dimana seseorang bisa mencapai kemampuan tertentu untuk membantu mencapai tujuan organisasi. Manfaat dari seminar yang utama adalah untuk penelitian. Mahasiswa diakhir kuliahnya sangat ditekankan untuk meneliti dan menulis paper (makalah) sebagai resume dari penelitiannya. Awal dari penelitian adalah banyaknya membaca makalah, khususnya yang berasal dari organisasi mempunyai impact factor yang tinggi seperti IEEE, Scopus dll. Kegiatan tersebut pada mulanya memang sulit, tetapi dengan bertambah banyak yang dibaca, maka akan dapat memperoleh pengertian yang semakin jelas dan mendalam tentang penelitiaan yang telah dilakukan sebelumnya.

       Langkah berikut adalah, mencari kelemahan/kekurangan penelitian yang telah dilakukan,  melihat aspek lain yang perlu dikembangkan atau mengkombinasikan beberapa penelitian menjadi suatu penelitian baru. Kecakapan ini juga perlu terus digali melalui teori-teori yang mendukung dan hipotesa-hipotesa dari peneliti yang lain. Ini menjelaskan juga tentang pentingnya aspek teoritis dalam kaitannya dengan proses penelitian.

       Selanjutnya adalah senantiasa mengaitkan penelitian kita dengan issue disekeliling. Issue disini adalah mengamati apa yang menjadi topik andalan ataupun hangat dari lingkungan, khususnya disekeliling kita. Disinilah penelitian tersebut akan memperoleh kekuatannya, bagaimana kita  mengaplikasikannya pada kearifan lokal ataupun kekayaan daerah yang perlu terus menerus dikembangkan.

         Misalnya banyak penelitian mengenai hasil produk pertanian dikaitkan dengan sistem komputer seperti kecerdasan buatan, pengolahan citra, database dll. Sebagai contoh di Cina, begitu banyaknya penelilitian berkaitan tentang produktivitas padi diukur dengan support vector machine, atau menganalisa kualitas minyak sawit dengan jaringan syaraf tiruan dan lain-lain.      


     Semua penelitian tersebut dapat dikembangkan dengan menggantikan lokasi mengingat di didaerah ini juga memiliki pertanian dan perkebunan sebagai produk andalan. Dikaitkan dengan kondisi mahasiswa yang akan mengambil skripsi, penelitian ini menjadi hal yang penting. Ide yang diperoleh itulah yang nantinya dikembangkan menjadi proyek skripsi. Perlu juga diingat bahwa batasan masalah harus juga diperhatikan untuk pencapaian yang lebih realistis.

         Yang harus juga benar-benar dipahami, penelitian untuk skripsi mahasiswa diutamakan yang sederhana tetapi mengikuti asas penulisan yang benar seperti: latar belakang masalah, objektif penelitian sebagai konstribusi ilmu pengetahuan, kajian perpustakaan, metodologi dan hasil penelitian.

          Walau sederhana, unsur terpenting yang harus dicapai dalam penelitian adalah fleksibitas sistem. Reka bentuk dan permodelan yang tersedia dapat terus secara berkesinambungan diperbaiki sehingga menjadikan hasil yang lebih baik. Dalam kajian rekabentuk inilah perlu adanya laboratorium robotic dan multimedia. Disinilah perencanaan dan rekayasa keseluruhan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) dibuat.

1 komentar: