Rabu, 17 Juli 2013

Robotika dan Manfaatnya

Robot dan komponennya (sumber  Internet)
Kata robot berasal dari bahasa Czech (Cekoslovakia), yang berarti pekerja. Wright karel Capek pada tahun 1921, pertama sekali memperkenalkan kata robot dalam bahasa Inggris dalam sebuah drama "Rossum's Universal Robots".

       Melihat dari artinya robot adalah manusia pekerja hal yang sama secara terus menerus. Artinya pekerjaan yang membosankan inilah yang kemudian menjadi ide untuk menciptakan mesin yang dapat mengganti pekerjaan manusia tersebut.

       Dalam kenyataannya memang perkembangan robot ini semakin cepat, sehingga pekerjaan manusia banyak yang terbantu baik kualitas maupun kuantitasnya. Bahkan sekarang ini kecenderungan perkembangan robot sudah mengganti pekerjaan manusia sepenuhnya (Fu, et al, 1987).

         Setelah usia lebih 80 tahun, kenapa justru belakangan ini robot semakin banyak diminati ??..... Hal ini berlaku karena semua orang saat ini dapat membuat robot, baik itu yang biasa bahkan yang super canggih. Alhamdulillah ini terjadi karena berkembang pesatnya ilmu dan teknologi baik perangkat lunak maupun  perangkat keras pendukungnya.

            Perangkat lunak semakin berkembang karena peran ahli-ahli yang terus melakukan penelitian dibidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), sehingga aplikasinya dibuat semakin mudah untuk dimengerti seperti: logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan, algoritma genetika dan lain lain. Ilmu ini seyogianya mencoba untuk membuat mesin menjadi cerdas layaknya manusia bahkan untuk beberapa hal tertentu melebihi.

         Selanjutnya adalah tersedianya perangkat keras yang murah seperti: kamera web, komponen elektronik (mikrokontroller, relay) dan aktuator ( motor stepper, motor servo). Kamera web pada dasarnya adalah tiruan indra penglihatan manusia, dengan menggunakan teknolgi digital saat ini menjadi sedemikan murah.  Bahkan  kesemua komponen dapat diambil dari barang elektronik bekas yang sudah tidak digunakan lagi.


    Selain indra penglihatan, untuk membuat mesin bekerja layaknya manusia digunakan indra tiruan lainnya seperti perasa, penentu jarak, zat kimia dll. Semua itu dapat diperoleh berupa jenis-jenis sensor dipasaran. Sementara mikrokontroler adalah untuk sinkronisasi pengendali pekerjaan aktuator semacam fungsi otot, manakala fungsi otak manusia walau sebagian kecil dapat digantikan dengan program.          

      Adapun manfaat dari robot adalah beragam mengikut jenis. Misalnya robot yang dapat diair bermanfaat untuk penelitian didalam air. Demikian juga robot udara dan robot darat. Hal ini karena robot dapat bekerja secara konsisten terus menerus, tidak pernah malas, protes, korupsi atau mengabaikan perintah hehehe, sehingga cocok sebagai pembantu kita dalam penelitian. Adapun jenis-jenis robot yang umum adalah:

  Robot beroda: robot ini digunakan untuk pekerjaan yang mobile (bergerak). Jenis ini dapat berpindah dengan cepat dan jika dilengkapi berbagai sensor dapat melakukan tugas seperti memadamkan kebakaran, mencari korban gempa dalam bangunan yang sudah tidak stabil atau hal lainnya.

            Robot berkaki: untuk area yang berbatuan dan penuh rintangan dimana robot beroda sulit untul mencapainya, maka digunakan robot berkaki. Robot ini dapat mempunyai dua atau lebih kaki bahkan bisa sampai puluhan. Kaki ini bergerak secara berurutan layaknya mencontoh hewan berkaki banyak.

    Robot air: robot ini khusus untuk diair dengan pergerakan mencontoh ikan atau sejenisnya. Juga robot yang dapat dikeduanya darat dan diair, seperti robot buaya dll.

    Robot melayang: yang lebih untuk terbang diudara sehingga bisa memantau dari atas pada area yang cukup dengan begitu banyak kegunaan khususnya pemantauan contohnya; robot burung atau quadcopter yang saat ini begitu banyak peminatnya.

            Robot menempel dinding. Robot ini dibuat mencontoh hewan yang dapat berjalan didinding. Fungsi perekat dan bergerak dicontoh secara mekanis seperti pada hewan pelekat. Kegunaannya untuk melayani keperluan didinding bangunan tinggi misalnya; pembersihan kaca, pengawasan dll.

          Robot pelayan: robot ini berfungsi untuk pelayan manusia yaitu membantu beberapa keperluannya, khususnya untuk kegiatan yang dilakukan secara berulang atau monoton.

        Demikan serba ringkas manfaat dari robot, saya sendiri merasakan bahwa semakin  meneliti lebih jauh tentang teknologi robotik,  semakin kita mengagumi alam semesta beserta isinya ciptaan Allah SWT yang maha kuasa, khususnya manusia sebagai ciptaanNya yang begitu sempurna.. dan kita harus senantiasa mensyukurinya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar